Jumat, 24 Januari 2020 - 14:11:37 WIB
PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK PERGURUAN TINGGI
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Artikel - Dibaca: 140 kali

Identitas Buku :

Judul               : PENDIDIKAN PANCASILAN UNTUK PERGURUAN TINGGI

Penulis            :  M. Taufik, S.H., M.H., Diyan Isnaeni, S.H., M.H., Dr. Mayiyadi, S.H., M.H.,Prof. Dr. Drs. Yaqub Cikusin, S.H., M.Si., Dr.Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr. Suratman, S.H., M.H., Drs. H. Moh. Bakar Misbakhul Munir, M.H., H. Umur Said Sugiharto, S.H., M.S., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M.Hum, S.AP., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M.P

Penyunting     : Hayat dan H. Suratman

Penerbit          : PENERBIT BASKARA MEDIA (Aditya Media Group)

Cetakan           : Pertama, Juli 2018

Tebal Buku      : XII + 382 halaman

ISBN                  : 978 602 50306 73

Buku “ Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi ” mengupas tentang Pancasila  dalam Lintas Sejarah sampai dengan Pancasila sebagai nilai dasar IPTEK.

Pancasila sebagai dasar ideologi negara merupakan kristalisasi nila-nilai budaya dan agama dari bangsa Indonesia. Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia mengakomodir seluruh aktivitas kehidupan bermasyarakat,berbangsa, dan bernegara. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dewasa ini mencapai kemajuan pesat sehingga peradaban manusia mengalami perubahan yang luar biasa.

Pada Bab Pertama, Pancasila sudah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit dan Sriwijaya dimana sila-sila yang terdapat dalam Pancasila tersebut sudah dipraktikan oleh masyarakat maupun kerajaan meskipun sila-sila tersebut belum dirumuskan secara konkrit. Menurut kitab Sutasoma karangan Mpu tantular, Pancasila berarti “berbatu sendi yang lima”  atau pelaksanaan kesusilaan yang lima.

Pada Bab Kedua, Pengertian Pancasila dan Perkembangannya Pancasila  adalah landasan dari segala keputusan bangsa dan menjadi ideologi tetap bangsa serta mencerminkan kepribadian bangsa. Pancasila dipergunakan sebagai dasar mengatur pemerintahan negara.

Pada Bab Ketiga,  visi atau arah dari penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia, yaitu terwujudnya kehidupan yang menjunjung tinggi ketuhanan, nilai kemanusiaan, kesadaran akan kesatuan, berkerakyatan, serta menjunjung tinggi nilai keadilan.

Pada Bab Keempat, suatu kesatuan yang saling berhubungan untuk satu tujuan tertentu,dan saling berkualifikasi yang tidak terpisahkan satu dengan yang lainnya

 

Pada Bab Kelima, Bahwasanya masyarakat Indonesia dalam membuka sistem demokrasi harus bersumber dari pancasila sebagai tindakan yang benar untuk mencapai etika politik.

Pada Bab Keenam, Hubungan antara agama dengan Pancasila adalah hubungan yang saling memperkuat. Bukan saling bertentangan.

Pada Bab Ketujuh, landasan pola pikir bangsa Indonesia dalam membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dengan demikian Pancasila merupakan model yang menjadi acuan dalam membangun bangasa Indonesia di segala segi kehidupan.

Pada Bab Kedelapan, Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum yang mengikat setiap warga negaranya.

Pada Bab Kesembilan, pancasila dimuat pada pembukaan UUD 1945 maka UUD pun menjadi kaidah dasar negara. Pancasila merupakan inti pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan menjadikan UUD sebagai sumber hukum tertinggi dan pancasila sebagai tertib hukum bangsa Indonesia.

Pada Bab Kesepuluh, Pancasila sebagai dasar atau ideologi negara harus diterapkan dalam kehidupan berdemokrasi. Indonesia adalah negara kesatuan dan bentuk pemerintahannya republik dengan sistem pemerintahan presidensial. Indonesia merupakan negara demokrasi, Pancasila sebagai sebuah idelogi dan acuan sistem demokrasi di Indonesia.

Pada bab Kesebelas, Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi  (IPTEK) dewasa ini mencapai kemajuan pesat sehingga peradaban manusia mengalami perubahan yang luar biasa.

 

Kelebihan

-          Buku ini menambah wawasan bagi para pembacanya tentang Pancasila dan Sejarahnya

Kekurangan

-          Ada sedikit bahasa yang kurang saya fahami di beberapa Bab.

 

Ditulis kembali oleh : Viona Krisnawati Emilia




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)